5 Bagian Daging Terbaik buat Masak Steak Pas Liburan di Luar Negeri

5 Bagian Daging Terbaik buat Masak Steak Pas Liburan di Luar Negeri

Kalau sudah dapat jatah cuti panjang dari kantor, rasanya tidak mungkin kalau hanya dipakai liburan ke satu destinasi saja. Mungkin, kamu salah satu tipe orang suka pergi ke satu destinasi dan langsung ambil perjalanan spontan ke destinasi lain. Ya, selama ada uangnya sih, kenapa enggak ‘kan?

5 Bagian Daging Terbaik buat Masak Steak Pas Liburan di Luar Negeri

Nah, kalau sudah liburan untuk jangka waktu yang cukup panjang begini, kadang bosan dengan cita rasa makanan setempat yang kurang familier. Mungkin kamu punya resep steak lezat yang jadi favorit keluarga. Meski di luar negeri, kamu hanya butuh panggangan atau microwave buat bikin steak lezat, minta bagian daging berikut ini sama tukang dagingnya ya.

  1. Flat Iron Steak

Tidak usah ragu untuk request bagian daging tertentu, toh kamu juga bayar. Misalnya kamu sedang ambil perjalanan spontan pakai pesawat Singapura Bali dan sudah bingung mau makan apa pas baru saja landing. Langsung saja pergi ke supermarket atau pasar setempat, minta flat iron steak sama tukang dagingnya.

Bagian daging ini terdapat di bawah tukang belikat sapi, tapi bisa dibilang cukup langka karena setiap sapi hanya punya 6-8 pon bagian ini di bagian tubuhnya. Eits, kalau kamu dapat segitu saja, sudah bisa bikin steak buat 3-4 orang kok.

  1. Oyster Steak

Nah, kalau bagian satu ini terletak di bagian pinggul sapi dan biasanya terlalu kecil buat dijual. Namun, untuk porsi makan sehat, cukup banget kok porsi ukurannya. Sayangnya, mungkin bagian ini cukup merepotkan untuk tukang daging. Jadi, pintar-pintarnya kamu meminta atau menunggu mereka untuk memotong seluruh bagian sampai menghilangkan semua bagian tulangnya. Ya, sambil diajak ngobrol atau dikasih tip saja, bisa dicoba kok.

  1. Denver Steak

Selanjutnya adalah Denver Steak, bagian paling gemuk dan beraroma lezat dari daging sapi. Kabarnya sih, bagian daging sapi ini punya cita rasa yang sebanding dengan rasa steak babi, tapi tetap daging sapi ‘kan? Jadi, enggak haram buat dimakan. Bagian daging sapi ini agak sulit untuk dipecah dan lebih sering dijadikan sebagai bahan daging sapi giling.

  1. Flap Meat (Bavette)

Selanjutnya adalah bagian daging sapi yang puya konsistensi kenyal dan raping. Bavette memiliki tekstur yang sangat lembut dan biasanya hanya ada sekitar 10 pon pada setiap sapi potong. Potongan daging ini selalu jadi rebutan penjual steak di Amerika dalam beberapa tahun terakhir ini.

Bagian daging ini harus diolah dengan cepat. Jadi, bisa langsung dipanggang atau bakar dengan suhu panas yang tinggi. Namun, bagian daging ini tidak boleh dimasak terlalu lama. Makanya, pastikan suhu panggangan sudah benar-benar panas jika ingin mendapatkan hasil panggangan steak yang lezat.

  1. Chuck Eye Steak

Setiap sapi hanya memiliki dua bagian chuck eye. Bagian ini punya cita rasa yang sangat mirip dengan bagian daging rib eye, tapi harganya lebih murah. Makanya, pada beberapa kesempatan bagian daging steak ini disebut juga sebagai ribeye-nya orang miskin. Tidak hanya dipanggang untuk steak, bagian ini juga bisa direbus atau digoreng. Tinggal tambahkan garam dan merica atau pakai olesan mentega yang diracik khusus pakai resep favorit keluargamu.

Nah, kalau sudah dapat potongan daging mentah terbaik, kamu tinggal racik pakai bumbu buatan sendiri. Jadi, bisa tetap liburan di luar negeri dengan menikmati hidangan yang bikin kangen rumah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *