Ketahui Lebih Banyak Soal Alergi Susu Sapi si Buah Hati

Susu formula yang sering Anda temukan di pasaran adalah berbahan dasar susu sapi yang tinggi protein hewani, kemudian ditambah beragam nutrisi penting bagi pertumbuhan buah hati. Namun seringkali bayi mengalami beberapa gejala yang timbul setelah diberi susu formula, hal tersebut bisa diindikasikan sebagai gejala alergi susu sapi. Disarankan untuk cek alergi agar mengetahui penyebab dan cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi supaya dapat mengurangi rasa tidak nyaman ketika gejala sedang muncul.

Bayi Alergi Susu Sapi

Para ahli sepakat bahwa alergi susu sapi dapat timbul akibat reaksi imun tubuh terhadap protein susu sapi, kemudian menimbulkan gejala-gejala tertentu yang bisa dideteksi berikut ini:

  • Masalah Pernapasan

Alergi terhadap susu sapi berdampak pada sistem pernapasan bayi yang ditandai dengan suara pada napasnya. Bayi sering mengalami batuk, kedinginan dan hidung berair.

  • Masalah Kulit

Permukaan kulit bayi akan bereaksi apabila terindikasi alergi susu sapi setelah diberikan susu formula. Tanda masalah kulit yang bisa timbul adalah eksim, ruam dan gatal. Kemudian masalah kulit juga bisa menimpa area mata atau bibir menjadi bengkak, pipi menjadi merah dan berwarna pucat.

  • Masalah Pencernaan

Bayi yang alergi terhadap susu sapi akan mengalami beberapa gejala pada sistem pencernaan seperti muntah, sembelit, perut kembung dan hilangnya selera makan.

  • Tanda Umum Bayi Alergi Susu Sapi

Terdapat tanda-tanda umum akibat alergi susu sapi, salah satunya adalah bayi menjadi rewel, sulit tidur dan berat badan tidak kunjung naik.

Penyebab Alergi Susu Sapi

Sebelum mengetahui cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi ada baiknya Anda mengetahui penyebab alergi yang dialami bayi sejak dini. Simak penjelasannya berikut ini:

  1. Genetik

Memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit asma dan eksim dipercaya sebagai penyebab bayi mengalami alergi susu sapi.

  1. Susu Formula

Pemberian susu formula yang tidak tepat kepada buah hati sejak dini akan memperbesar resiko alergi susu sapi. Berlaku pada beragam susu formula, baik berbahan dasar susu sapi atau kedelai.

  1. Penyebab Lainnya

Alergi susu sapi pada bayi juga diakibatkan oleh beberapa faktor lainnya. Seperti perubahan sistem imun dan paparan bahan berbahaya yang menimbulkan gejala alergi.

Cara Terbaik Mengatasi Alergi Susu Sapi untuk Bayi dengan Susu Formula

Kita tidak bisa memungkiri bahwa susu formula sangat membantu kecukupan nutrisi bagi buah hati, apalagi jika tidak bisa memberikan ASI secara optimal. Anda harus tetap memilih susu formula sebagai jalan keluarnya. Simak cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi yang harus tetap mengonsumsi susu formula berikut ini:

  1. Ibu Mengurangi Konsumsi Makanan Mengandung Susu Sapi

Apabila Anda mampu memberikan ASI secara ekslusif, maka diwajibkan untuk menghindari beragam olahan yang mengandung susu sapi. Hentikan untuk sementara waktu makanan seperti olahan cokelat, keju, biskuit dan eskrim.

  1. Pilih Susu Formula Morinaga Chil Kid Soya

Morinaga Chil Kid sebagai produk susu formula yang hadir untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setiap buah hati, tersedia beragam varian kandungan yang cocok dengan kondisinya. Tersedia Morinaga Chil Kid Platinum yang baik untuk daya tahan tubuh dan beragam nutrisi baik yang mencegah alergi, sebagai cara terbaik menikmati susu sapi di masa pertumbuhan.

Kandungan nutrisinya mampu memperbaiki kondisi tubuh buah hati dari resiko penyakit dan alergi susu sapi. Susu formula ini sangat baik dikonsumsi mulai dari 1 hingga 3 tahun. Temani pertumbuhan si kecil Bersama Morinaga Chil Kid Platinum!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *